5 Software Perekam Layar Komputer

5 Software Perekam Layar Untuk Komputer



Agan sista bertanya-tanya bagaimana orang-orang di youtube dapat merekam layar komputernya?. Penasaran bagaimana seorang youtuber game dapat merekam layar komputernya saat sedang bermain game ?. Bagaimana mereka dapat melakukannya ?.


Sebetulnya, mereka hanya menggunakan perangkat untuk merekam layar komputernya. Mulai dari perangkat keras, hingga perangkat lunak. Dengan kita membeli perangkat keras tambahan untuk di motherboard yang biasanya termasuk bonus perangkat lunak untuk merekam layar komputer kita. Tetapi, selain perangkat keras. Agan sista tidak perlu membeli perangkat keras untuk merekam layar komputer. Agan sista hanya perlu menggunakan perangkat lunak alias software untuk merekam layar komputer. Lagipula jika agan sista menggunakan laptop, agan sista tidak bisa menambahkan hardware tambahan kedalam mother agan sista.

Lalu, jika hanya menggunakan software, lantas software apa yang digunakan untuk merekam. Nama softwarenya apa ?. Maka dari itu saya akan membagikan Software Perekam Layar Untuk Komputer. Berikut adalah software-software-nya.

1.    Bandicam


Mungkin agan sista sudah tidak asing lagi dengan Bandicam. Sebab banyak orang2 yang menggunakan software ini. Tetapi, agan sista perlu tau kekurangan dari software ini. Berdasarkan dari beberapa keluhan penggunanya. Bandicam cukup lumayan menggunakan ruangan dalam RAM (Random Access Memory). Dimana RAM adalah tempat tertampungnya semua program yang sedang berjalan. Jadi, jika agan menggunakan software ini untuk bermain game. Saya saranin untuk merekam game yang ringan-ringan saja, alias tidak terlalu menggunakan banyak RAM. Saya tidak menganjurkan untuk bermain game-game berat seperti Call of Duty Black Ops, WWE2K15, Naruto Ultimate Ninja Storm, dan game-game berat lainnya. Kecuali RAM Agan 8 Gigabyte ke atas. Sebab jika dipaksakan. Berdasarkan pengalaman saya, akan memengaruhi Framerate Per Secon (FPS). Apa itu FPS ? FPS disini bukan First Person Shooter, melainkan jumlah gambar yang bergerak secara cepat. Nah, gambar bergerak yang cepat inilah yang dinamakan video. Jadi, jika agan sista memaksakan bermain game berat dengan Bandicam, didalam gamenya akan terjadi yang namanya “FPS Drop”, yaitu suatu kondisi dimana tampilan video terlihat patah-patah atau nge-lag. Selain itu software ini harus dibeli agan sista dengan harga yang dibanderol 39 US$ atau sekitar Rp. 520,000,-. Tetapi agan sista tidak perlu bayar jika download dari blog saya. Disamping kekurangannya, kelebihannya Bandicam ini adalah agan sista tidak perlu pusing-pusing, repot-repot mengatur settingan untuk merekam layar monitor. Karna Bandicam akan mengatur settingan defaultnya, atau bisa juga settingan terbaiknya berdasarkan kemampuan komputer anda. Dan jika setting dengan tepat, hasil rekaman anda tidak terlalu besar. Walaupun bergantung dengan berapa lama agan sista merekam.

Download :

http://ouo.io/0aRDJ6
http://ouo.io/J5atnsc 
http://ouo.io/bYRx50



2.    Open Broadcasting Software (OBS)

 

Jika agan sista menginginkan software yang gratis, maka Open Broadcasting Software-lah jawabannya. Sebab, pengembang dari software ini tidak membanderol softwarenya. Jadi agan sista tidak harus mengeluarkan sepeserpun dari kanton. Tetapi, walaupun gratis, software ini cukup ribet dalam mengatur settingan ketika anda sedang bersiap-siap rekaman. Karna jika anda salah settingan, anda akan mendapatkan beberapa kesalahan dalam video anda. Mulai dari memengaruhi FPS anda sehingga terjadi FPS Drop, Hasil rekaman layar monitor hanya terlihat hitam dan tidak ada game atau tampilan desktop anda, hingga video yang terlalu ke-Zoom (terlalu diperbesar skalanya). Tetapi sofware ini tidak seberat bandicam yang akan menyebabkan FPS Drop ketika agan sedang bermain game. Open Broadcasting Software dapat menyediakan fitur live streaming bagi agan sista selebriti internet yang ingin live streaming.

Download :
http://ouo.io/iimixS

 

 

3.    Fraps





Jika agan sista lebih ingin merekam game tanpa memengaruhi FPS agan sista? Fraps pahlawannya. Dari namanya saja Fraps, Fra-P-S, yang mungkin dari sindkatan FRAmerate Per Second. Nah, agan sista akan merasakan betapa halusnya video agan sista ketika direkam jika dibandingkan dengan Bandicam. Sebagai sesama Software Perekam Layar Untuk Komputer yang berbayar, Fraps jauh lebih baik dalam bagian kehalusan tampilan video saat agan sista sedang bermain sambil direkam. Dan, harga Fraps lebih murah dari Bandicam, yaitu sekitar 37 US$ atau sekitar Rp. 494.000,-. Selisihnya berkisar Rp. 30.000,-an. Lagi-lagi, agan sista tidak perlu khawatir akan kocek agan sista. Di blog saya, apapun akan menjadi gratis.

Download :
http://ouo.io/0aRDJ6
 http://ouo.io/9yD6Sb

http://ouo.io/R32MGe

4.    Mirillis Action!





Agan sista mau seperti Bandicam ? Tetapi Seperti Open Broadcasting Software juga ?. Maka akan saya kasih “anak” hasil perkawinan Bandicam dengan Open Broadcasting Software, yaitu Mirillis Action!. Kenapa saya bisa bilang begitu. Dari fitur mirim-mirip Open Broadcasting Software dan Bandicam. Dan Settingannya juga semudah dan segampang Bandicam. Anda hanya perlu setting format video hasil rekaman layar komputer agan sista yaitu mau MP4 atau AVi. “Bedanya apa tuh gan ?” Bedanya, biasanya format AVi video hasil rekamannya akan detail. Tetapi ukuran videonya akan bengkak. Lalu, yang MP4 Videonya tidak sedetail AVi, tapi ukurannya tidak terlalu besar seperti format AVi. DAANN !, satu lagi, Mirillis Action juga menyediakan fitur live streaming sama seperti Open Broadcasting Software. So, bagi kalian cyber-celeb mungkin akan lebih memilih ini sebagai Software Perekam Layar Untuk Komputer. Namun, buruknya adalah Mirillis Action! Ini termasuk software berbayar. Harga banderolannya sekitar 30 US$ untuk penggunaan rumahan, dan 50 US$ untuk penggunaan komersial. Eits, jangan takut kehilangan uang anda. Di blog saya, Mirillis Action! Akan saya beri dengan gratis !.

Download :
http://ouo.io/vnNdjP
 http://ouo.io/vnNdjP
 http://ouo.io/7GDAXu


5.    Camtasia Recorder



 

Camtasia Recorder merupakan bagian dari software video editing Camtasia Studio. Enaknya menggunakan Camtasia Studio adalah setelah kalian selesai merekam, dapat langsung dikirim dan diedit di Camtasia Studio. Eits, jangan langsung menilai negatif pada Camtasia Studio ya. Sebab, Fitur camtasia cukup bagus menurut saya. Karna selain cut video, memasukan video atau gambar, Camtasia juga menyediaka beberapa transisi yang biasa digunakan. Selain itu anda juga dapat mengedit audio langsung di camtasia Studio. Dan, softwarenya tak seberat Adobe Premiere Pro. Dan, Adobe Premiere Pro yang terbaru pun meminta sistem yang 64bit. Jadi Camtasia Studio cukup Worth It deh. Tetapi sayangnya, berdasarkan pengalaman saya, Camtasia Recorder tidak dapat merekam game seperti Software Perekam Layar lainnya.

Download Camtasia Studio + Recorder :

http://ouo.io/UlzND6
   
http://ouo.io/BrvJTL 

Oke, itu dia Software Screen Recording atau Software Perekam Layar menurut saya dan setahu saya. Mudah-mudahan bermanfaat untuk agan sista pengunjung blog saya. Terimakasih sudah berkunjung. Kalau ada yang bingung, ada yang ingin bertanya, silahkan comment dibawah ya !.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »